Tujuan
Pembelajaran:
1.
Dapat melakukan
identifikasi sasaran kampanye keselamatan jalan
2.
Menyusun hasil identifikasi kelompok
sasaran
3.
Mampu merumuskan
profil kelompok sasaran kampanye keselamatan jalan
4.
Mampu merumuskan
tujuan kampanye keselamatan jalan
A.
Dasar Hukum Penyuluhan
1. Undang
Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No 22 Tahun 2009 Menimbang poin C yaitu Bahwa
lalu lintas dan angkutan jalan sebagai bagian dari sistem transportasi nasional
harus dikembangkan potensi dan perannya untuk mewujudkan keamanan, keselamatan,
ketertiban dan kelancaran berlalu-lintas dan angkutan jalan dalam rangka
mendukung pembangunan ekonomi dan pengembangan wilayah
2. Undang
Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No 22 Tahun 2009 Bab 1 pasal 1 poin 31
yaitu Keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan adalah suatu keadaan
terhindarnya setiap orang dari resiko kecelakaan selama berlalu-lintas yang
disebabkan oleh manusia, kendaraan, jalan dan/atau lingkungan
3. Undang
Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No 22 Tahun 2009 Pasal 203 ayat 2 huruf a
(penjelasan) poin d yang menjelaskan tentang Kampanye Keselamatan Lalu Lintas
4. Instruksi
Presiden RI Nomor 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan
Pilar IV yaitu Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamaan poin j tentang
kampanye keselamatan.
5. Panduan
Keselamatan Jalan
6. RUNK
Jalan 2011 – 2035 Pilar IV Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamaan poin 8
tentang Kampanye Keselamatan
7. Sosialisasi
Keselamatan Jalan – PT TRIDAYA CIPTA UTAMA-PERHUBUNGAN DARAT 2008
8. Panduan
Keselamatan jalan Modul 4-8
B.
Sasaran Kampanye Keselamatan Jalan
Sasaran merupakan hasil yang diharapkan dari
suatu program atau keluaran yang diharapkan dari suatu kegiatan. Dalam
kaitannya dengan kampanye keselamatan transportasi jalan, arti kata sasaran yaitu apa saja hasil yang
ingin dicapai dalam melakukan kegiatan tersebut.
Hal yang menjadi prioritas dalam rangka berpikir
adalah apa yang salah, dilakukan oleh siapa, dan bagaimana cara mengatasi. Apa
permasalahan akan memiliki keterkaitan terhadap materi yang disampaikan dalam
kampanye tersebut. Arti kata siapa adalah target kelompok massa yang menjadi
subyek dilakukan serta yang terakhir adalah bagaimana solusi terkait
rekomendasi perencanaan dalam melakukan kampanye.
C.
Hal yang Perlu diperhatikan dalam Menentukan
Sasaran Kampanye
1. Menetukan
permasalahan yang akan di kaji
Dalam
hal ini yang akan menjadi pokok inti pembahasan adalah masalah keselamatan lalu
lintas apa yang sedang terjadi. Masalah tersebut dilakukan oleh siapa terkait
pendekatan kampanye. Setelah apa dan siapa ditentukan langkah selanjutnya
adalah perencanaan kampanye.
2. Menentukan
perencanaan kampanye
Perencanaan
kampanye merupakan konsep dalam menyelenggarakan kegiatan kampanye, Konsep ini
berisikan tujuan yang hendak dicapai, apa saja materi yang akan diberikan, dan
bagaimana target tingkat keberhasilan.
3. Deskripsikan
secara detail profil massa
Profil
massa adalah uraian mengenai karakterisitk massa yang akan diberikan kampanye
tersebut. Banyak cara untuk menjabarkan karakteristik massa seperti contih
berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pemahaman, kategori umur, profesi dan
lain sebagainya. Kita harus jeli untuk menggambarkan profil massa tersebut agar
dalam proses lanjutan kita paham terhadap kendala-kendala yang akan dihadapi
dan memikirkan cara untuk mengatasi jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan kegiatan
kampanye tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar