Jumat, 10 Februari 2017

INSTRUMEN PENYUSUNAN RENCANA KAMPANYE KESELAMATAN JALAN

Berikut adalah instrumen dalam penyusunan rencana keselamatan jalan: 
A. Identifikasi Sasaran Kampanye
Tahap identifikasi sasaran kampanye adalah tahap awal dari rencana yang desain kampanye keselamatan transportasi jalan, misalnya :
1.      Usia dewasa dengan berbagai profesi
2.      Usia remaja dengan berbagai tingkat pendidikan
3.      Anak – anak usia dini

B.     Menyusun Profil Kelompok Sasaran Kampanye
Tahap ini dilakukan untuk menjelaskan siapa yang akan dituju, profil yang disusun adalah tindak lanjut dari penentuan sasaran pada tahapan identifikasi sasaran. Profil kelompok sasaran kampanye Beberapa hal yang diperhatikan dalam pembuatan profil kelompok sasaran kampanye antara lain sebagai berikut  :
1.      Usia
2.      Pendidikan
3.      Pekerjaan

C.    Menentukan Tujuan Kampanye Keselamatan Jalan
Menentukan tujuan kampanye adalah menentukan apa yang ingin dicapai dari kampanye yang dilakukan. Tujuan kampanye merupakan komponen penting dalam merencanakan desain kampanye. Hal ini disebabkan oleh tujuan kampanye keselamatan merupakan tolak ukur dari keberhasilan dilaksanakannya kampanye keselamatan jalan.

D.    Menentukan Materi Kampanye Keselamatan Jalan
Materi kampanye ialah pesan yang akan disampaikan kepada sasaran kampanye. Pesan berupa yang disampaikan diharapkan dapat  mempengaruhi dan mengajak sasaran kampanye. Pesan tersebut dapat berupa pesan kognitif, afektif, psikomotorik maupun kreatif.
Selain itu, materi kampanye keselamatan juga harus bersifat menganjurkan, melarang, memberitahu, maupun menghibur sasaran kampanye. Hal ini disebabkan karena tujuan dari kampanye keselamatan ialah merubah mindset komunikan agar menjadi lebuh baik. Dan hal yang pentinag ialah materi kampanye yang akan diberikan harus sesuai dengan profil sasaran kampanye, sehingga sasaran kampanye dapat  menerima infomasi dengan mudan dan dapat mengimplementasikannya.

 E.     Menentukan Bentuk dan jenis kampanye Keselamatna Jalan
Ada berbagai bentuk dan jenis kampanye yang dapat dilakukan, diantaranya :
1.      Berdasarkan Teknik Komunikasi
a.       Metode kampanye langsung
b.      Metode kampanye tidak langsung
2.      Berdasarkan Jumlah Sasaran
a.       Pendekatan Massal
Dilakukan antara lain dengan cara siaran radio, siaran televisi, pemasangan poster/spanduk, kampanye, dll).
b.      Pendekatan kelompok
Antara penyuluh dengan sekelompok orang (diskusi, kursus, serasehan, dll).
c.       Pendekatan massal
Langsung antara penyuluh dengan orang per orang.
3.       Berdasarkan indera penerima
a.       Indera penglihatan
Melalui pemasangan poster/spanduk, penyebaran brosur/leaflet/majalah, dll.
b.      Indera pendengaran
Melalui indera pendengaran, antara lain melalui siaran radio, iklan radio, dll.
c.       Kombinasi indera penerima
Melalui demonstrasi cara/hasil, pemutaran film, siaran televisi, dll.

F.     Menentukan media kampanye Keselamatan Jalan
Media kampanye dibagi menjadi beberapa bentuk, yaitu Media cetak, media audio, audiovisual, dan bentuk obyek fisik. Dalam menentukan media yang digunakan harus menyesuaikan profil sasaran

G.    Menentukan Anggaran Kampanye
Menentukan anggaran bertujuan agar setiap dana yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, sehingga biaya yang keluar juga efektif dan efeisien.

H.    Evaluasi

Pada tahap akhir ialah evaluasi, dimana setiap tahap yang telah dilakukan dievaluasi atau diperiksa kembali untuk mencari kesalahan atau kekurangan yang ada sehingga dapat diperbaiki sebelum dilaksanakaannya kegiatan kampanye keselamatan jalan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar