Berikut adalah instrumen dalam penyusunan rencana keselamatan jalan:
A. Identifikasi
Sasaran Kampanye
Tahap identifikasi
sasaran kampanye adalah tahap awal dari rencana yang desain kampanye
keselamatan transportasi jalan, misalnya :
1. Usia
dewasa dengan berbagai profesi
2. Usia
remaja dengan berbagai tingkat pendidikan
3. Anak
– anak usia dini
B.
Menyusun
Profil Kelompok Sasaran Kampanye
Tahap ini dilakukan untuk
menjelaskan siapa yang akan dituju, profil yang disusun adalah tindak lanjut
dari penentuan sasaran pada tahapan identifikasi sasaran. Profil kelompok
sasaran kampanye Beberapa hal yang diperhatikan dalam pembuatan profil kelompok
sasaran kampanye antara lain sebagai berikut
:
1. Usia
2. Pendidikan
3. Pekerjaan
C.
Menentukan
Tujuan Kampanye Keselamatan Jalan
Menentukan tujuan kampanye adalah
menentukan apa yang ingin dicapai dari kampanye yang dilakukan. Tujuan kampanye
merupakan komponen penting dalam merencanakan desain kampanye. Hal ini
disebabkan oleh tujuan kampanye keselamatan merupakan tolak ukur dari
keberhasilan dilaksanakannya kampanye keselamatan jalan.
D.
Menentukan
Materi Kampanye Keselamatan Jalan
Materi
kampanye ialah pesan yang akan disampaikan kepada sasaran kampanye. Pesan
berupa yang disampaikan diharapkan dapat mempengaruhi dan mengajak sasaran kampanye.
Pesan tersebut dapat berupa pesan kognitif, afektif, psikomotorik maupun
kreatif.
Selain
itu, materi kampanye keselamatan juga harus bersifat menganjurkan, melarang,
memberitahu, maupun menghibur sasaran kampanye. Hal ini disebabkan karena
tujuan dari kampanye keselamatan ialah merubah mindset komunikan agar menjadi lebuh baik. Dan hal yang pentinag
ialah materi kampanye yang akan diberikan harus sesuai dengan profil sasaran kampanye,
sehingga sasaran kampanye dapat menerima
infomasi dengan mudan dan dapat mengimplementasikannya.
E.
Menentukan
Bentuk dan jenis kampanye Keselamatna Jalan
Ada berbagai bentuk dan
jenis kampanye yang dapat dilakukan, diantaranya :
1. Berdasarkan
Teknik Komunikasi
a. Metode
kampanye langsung
b. Metode
kampanye tidak langsung
2. Berdasarkan
Jumlah Sasaran
a. Pendekatan
Massal
Dilakukan antara lain
dengan cara siaran radio, siaran televisi, pemasangan poster/spanduk, kampanye,
dll).
b. Pendekatan
kelompok
Antara penyuluh dengan
sekelompok orang (diskusi, kursus, serasehan, dll).
c. Pendekatan
massal
Langsung antara penyuluh
dengan orang per orang.
3. Berdasarkan indera penerima
a. Indera
penglihatan
Melalui pemasangan
poster/spanduk, penyebaran brosur/leaflet/majalah, dll.
b. Indera
pendengaran
Melalui indera
pendengaran, antara lain melalui siaran radio, iklan radio, dll.
c. Kombinasi
indera penerima
Melalui demonstrasi
cara/hasil, pemutaran film, siaran televisi, dll.
F.
Menentukan
media kampanye Keselamatan Jalan
Media kampanye dibagi
menjadi beberapa bentuk, yaitu Media cetak, media audio, audiovisual, dan
bentuk obyek fisik. Dalam menentukan media yang digunakan harus menyesuaikan
profil sasaran
G.
Menentukan
Anggaran Kampanye
Menentukan anggaran bertujuan
agar setiap dana yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan,
sehingga biaya yang keluar juga efektif dan efeisien.
H.
Evaluasi
Pada tahap akhir ialah evaluasi,
dimana setiap tahap yang telah dilakukan dievaluasi atau diperiksa kembali
untuk mencari kesalahan atau kekurangan yang ada sehingga dapat diperbaiki
sebelum dilaksanakaannya kegiatan kampanye keselamatan jalan lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar